Sebelum Mulai Berinvestasi Kenali Dulu Konsep Bunga Majemuk dan Kekuatan Waktu 1


Berinvestasi layaknya memiliki pohon uang

Berinvestasi layaknya memiliki pohon uang – Credit http://www.stockmonkeys.com/

“Compound interest is the eighth wonder of the world. He who understands it, earns it … he who doesn’t … pays it.” – Albert Einstein

“The most powerful force in the universe is compound interest” – Albert Einstein

“The money that money earns, earns money” – Ben Franklin

Mr. Rafael suka sekali dengan kalimat kutipan dari Einstein  dan Ben Franklin tersebut yang dengan benar sekali menerangkan tentang compound interest atau bunga majemuk. Bahkan Einstein menjuluki bunga majemuk sebagai keajaiban dunia ke-8. Tidak berlebihan memang karena bunga majemuk dapat membantu seseorang menjadi makmur dan di sisi lain dapat membuat seseorang menderita dan menjadi bangkrut. Bunga majemuk dapat membuat kamu menjadi makmur jika ia bekerja dalam investasimu. Dan dapat membuat kamu menjadi bangkrut jika ia bekerja dalam utangmu. Apa kamu tertarik mengenal lebih jauh tentang bunga majemuk?

Memang kita tidak bisa menanam pohon uang akan tetapi bunga majemuk membuat uang kita berbuah layaknya sebuah pohon uang seperti tampak pada gambar :). Bunga majemuk adalah bunga yang ditambahkan ke dalam modal awal dan akan menghasilkan bunga lagi diperiode selanjutnya. Atau singkat kata bunga yang menghasilkan bunga. Berikut adalah ilustrasinya. Misalnya kamu mempunyai uang Rp. 10,000,000. Jika kamu tidak hanya menyimpan uangmu di dalam lemari dalam 10 tahun uangmu tetap sepuluh juta tidak bertambah. Tapi kalau kamu mendepositokan uang kamu selama 5 tahun dan bank memberikan imbalan bunga 5 persen pertahun maka uang kamu menjadi:

Modal : Rp. 10,000,000

Saldo akhir tahun pertama : Rp. 10,500,000

Saldo akhir tahun ke-dua   : Rp. 11,025,000

Saldo akhir tahun ke-tiga   : Rp. 11,576,250

Saldo akhir tahun ke-empat: Rp. 12,155,062.50

Saldo akhir tahun ke-lima  : Rp. 12,762,815.63

Rumus

Uang di tahun ke-n = Modal x (1 + Persen Bunga) ^ n

Dalam ilustrasi ini pada akhir tahun ke-lima uangmu menjadi 12,7 juta tanpa kamu harus melakukan apa-apa! Meskipun pada prakteknya ada potongan pajak penghasilan bunga dalam tabungan dan deposito sekitar 20%, tetapi yang terpenting uangmu sudah bekerja menghasilkan uang untukmu. Hal ini sama persis dengan yang telah saya paparkan dalam post sebelumnya hanya saja bunga yang Mr. Rafael gunakan adalah 7% pertahun. Dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan harian kamu dalam 5 tahun kamu bisa mempunyai uang sebesar 92 juta rupiah! Dalam artikel-artikel yang akan datang perhitungan bunga Mr. Rafael akan menggunakan bunga majemuk tahunan dengan imbal balik 7% dalam setahun.

Apakah kamu tahu juga? Kalau banyak yang menggunakan kekuatan bunga mejemuk untuk kebaikan? Banyak sekali contohnya seperti hadiah Nobel, atau dana abadi universitas-universitas, bahkan beasiswa terbaik Indonesia seperti LPDP dikelola menurut prinsip ini. Dana-dana tersebut diinvestasikan dan setiap tahun sebagian hasil investasi ditarik untuk dibagikan kepada orang lain sebagai penghargaan atau beasiswa dan sebagian besar diinvestasikan kembali. Dengan cara seperti itu uang tersebut tidak akan pernah habis malah semakin bertambah. Di dalam artikel-artikel selanjutnya Mr. Rafael juga akan membawakan beberapa kisah inspiratif terkait dengan investasi.

Jadi tunggu apalagi mulai menabung dan berinvestasi sejak dini! Caranya mudah mulai hidup hemat sekarang juga dan pelajari instrumen-instrumen investasi yang aman dan terpercaya.


Author Image

About Mr. Rafael Uhemat

Mr. Rafael adalah seorang yang hampir memasuki usia kepala 3 dan dia sadar hingga saat ini dia tidak mengetahui apapun tentang pengelolaan keuangan pribadi. Oleh karena itu dia belajar dengan membaca banyak buku tentang personal finance dan mempraktekkan semua materi di dalamnya. Dia percaya cara yang terbaik untuk belajar adalah dengan banyak praktek dan berbagi dengan orang lain. Harapan terbesarnya adalah dapat mencapai kebebasan finansial bersama Mrs. Rafael dan membantu orang lain untuk mengembangkan pengetahuan personal finance mereka.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Sebelum Mulai Berinvestasi Kenali Dulu Konsep Bunga Majemuk dan Kekuatan Waktu