21 Rahasia Para Milyader yang Bisa Kamu Pelajari Agar Tambah Kaya dan Bahagia 1


gambar orang-orang kaya dan sukses

Orang-orang kaya dan sukses – dari kiri atas Warren Buffett, Mark Zuckerberg, Bill Gates, Steve Jobs, dan Larry Page

Seperti yang pernah Mr. Rafael singgung sebelumnya hidup yang kaya dan bahagia itu bukan semata-mata hanya berkaitan dengan penghasilan yang besar tetapi memang perlu disiplin dalam mengelola uang dan pola pikir yang positif. Tidak ada yang namanya cara cepat menjadi kaya atau kaya mendadak. Semuanya pasti memerlukan proses dan kerja keras supaya berhasil. Tips-tips ini Mr. Rafael kumpulkan dari berbagai sumber yang terpercaya dapat membantu kamu menjadi tambah cepat kaya dan bahagia. Semuanya dapat dipelajari dan tidak ada yang tidak mungkin. Baca terus sampai tips terakhir ya.

1. Selalu memiliki rencana pengeluaran

Orang-orang yang kaya kebanyakan tidak pernah mengeluarkan uang dari kantong mereka tanpa rencana sama sekali. Kamu-kamu bertanya bagaimana bisa? Kebanyakan mereka selalu mengalokasikan anggaran pengeluaran setiap bulannya. Jadi kalau mereka ingin liburan ke luar negeri, beli jam tangan baru, atau makan di restoran mahal bisa jadi semua pengeluaran tersebut sudah di dalam anggaran hiburan mereka. Jadi kalau mau kaya buatlah anggaran pengeluaran kamu sekarang juga ya. Sebagai permulaan kamu bisa menemukan anggaran pengeluaran keluarga penting di artikel dari Mrs. Rafael ini (5 pengeluaran yang wajib ada setiap bulan)

2. Pengeluaran selalu lebih kecil dari pendapatan

Hal ini sudah mutlak dan tidak dapat ditawar lagi. Tidak ada ceritanya orang dapat dapat menjadi kaya jika memiliki pengeluaran yang tidak terkontrol sehingga pengeluaran mereka lebih besar dari pendapatan atau istilah lainnya besar pasak dari pada tiang. Jika mereka memiliki rumah besar, mobil mewah, tas mewah, tetapi pemasukan tidak mencukupi bisa-bisa mereka terlilit utang dan segala yang tampak wah itu lenyap untuk selamanya. Biasanya orang kaya selalu punya uang untuk ditabung dan diinvestasikan bahkan uang yang ditabung dan diinvestasikan jauh lebih besar dari pengeluaran mereka sehingga kekayaan mereka dapat berlipat ganda dalam waktu yang lebih singkat!

Kalau kamu sampai sekarang masih bingung karena pengeluaran lebih besar dari penghasilan kamu, ada baiknya cobalah untuk hidup lebih hemat lagi. Salah satunya dapat membaca tips-tips yang ada pada halaman ini (cara-cara mulai menabung) atau dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini dapat menyelamatkan ratusan juta uangmu dan masa depan keluargamu (4 Kebiasaan ini Bisa Menghilangkan Ratusan Juta Penghasilanmu). Dengan mengikuti tips-tips yang ada di dalam halaman-halaman tersebut Mr. Rafael yakin perlahan tapi pasti uangmu akan terkumpul dan bisa membuat hidupmu lebih kaya, masa depan cerah, dan bahagia.

3. Mengerti perbedaan antara kebutuhan dan keinginan

Orang-orang kaya yang berhasil dalam pengelolaan keuangannya sudah pasti mampu membedakan apa itu kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal yang tidak bisa ditunda-tunda lagi karena kalau ditunda kehidupanmu akan terganggu. Contohnya kebutuhan adalah makanan, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan, gas, listrik, transportasi. Sedangkan keinginan adalah hal-hal yang dapat ditunda karena bukan kebutuhan pokok dan biasanya hanya sesaat. Contoh dari keinginan adalah gadget terbaru, kendaraan yang terbaru, makan di restoran mahal, dan lain-lain. Sebenarnya keinginan kalau dikelola dengan baik, dapat juga memberikan motivasi tersendiri bagi kita untuk mengumpulkan uang yang lebih banyak lagi. Salah satu triknya yang menarik dari Tung Desem Waringin, motivator nomor satu Indonesia, dalam bukunya “Financial Revolution” adalah dengan memberikan kamu tantangan seperti ini.

“Jika saya berhasil mengumpulkan uang lima kali lipat atau sepuluh kali lipat dari harga keinginan saya maka saya akan membeli keinginan saya”

Contoh: kalau kamu ingin membeli sebuah gadget terbaru seharga Rp. 4,000,000 maka kamu boleh membeli gadget tersebut jika kamu telah mendapatkan uang Rp. 20,000,000 yang merupakan 5 kali lipat dari harga gadget tersebut. Dengan begitu kamu semakin tertantang mencari lebih banyak uang dan juga berhasil menunda keinginan sesaatmu.

4. Memiliki sumber penghasilan lebih dari satu

Setelah berhasil memiliki sebuah pendapatan yang stabil dari satu sumber pemasukan atau bisnis, biasanya orang-orang kaya  tersebut berusaha mengembangkan usahanya atau membuka usaha lainnya. Dengan cara itu mereka dapat melipat gandakan penghasilannya dan kekayaan mereka dengan jauh lebih cepat. Mereka selalu memutar otak untuk mencari sumber penghasilan tambahan lainnya. Untuk kamu yang sudah memiliki penghasilan tetap kantoran setiap bulannya tidak ada salahnya mencoba untuk mencari sumber pemasukan lain. Pelajari setiap peluang bisnis yang ada.

5. Memulai investasi, usaha, atau bisnis sejak dini

Beberapa orang terkaya dunia seperti Bill Gates, Warren Buffett, dan Mark Zuckerberg rata-rata telah mencoba untuk melakukan usaha sejak kecil. Menurut buku “The Winning Investment Habits of Warren Buffett and George Soros”, Warren Buffett telah memulai bisnis sejak dia berumur 6 tahun dengan membeli Coca-Cola dari toko grosir miliki kakeknya dan menjualnya kembali dengan keuntungan 5 cent dollar. Dengan melakukan usaha sejak dini kamu telah melatih instinct kewirausahaanmu. Terkadang terdapat pemikiran yang salah di dalam masyarakat yaitu baru mulai memikirkan usaha apa yang dilakukan menjelang atau setelah usia pensiun. Tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai usaha berapapun usiamu  Untuk mahasiswa, Uhemat sudah punya artikel untuk kamu-kamu yang mau mulai usaha sejak masih duduk di bangku kuliah (Kamu Mahasiswa? Kamu Juga Harus Bisa Cerdik Mengatur Keuangan Lho!).

6. Aksi dan eksekusi lebih penting dari ide dan rencana yang brilian

Orang-orang kaya dan berhasil adalah orang-orang yang ahli dalam mengeksekusi dan mewujudkan idenya. Almarhum pengusaha nyentrik Bob Sadino sering kali menekankan hal berikut ini.

“Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak mikir membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Padahal yang penting adalah action!”

Terkadang ide yang mereka miliki tidak begitu bagus akan tetapi jika ide tersebut dilaksanakan, seiring dengan berjalannya waktu pasti akan selalu berusaha untuk diperbaiki. Kalau mau sukses dan kaya, ayo laksanakan sekarang juga ide usaha kamu jangan ditunda-tunda lagi. Semangatlah dalam menjalankan idemu karena itulah yang akan membawa masa depanmu menjadi lebih cerah.

7. Percaya kepada orang lain

Menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah sering kali kita memerlukan teman dan bantuan orang lain. Pendiri-pendiri perusahaan-perusahaan besar dan terkenal seperti Apple dan Google mereka saling mempercayai dan saling melengkapi. Sang pendiri perusahaan Apple Computer yang legendaris, Steve Jobs, ia memiliki seorang teman yang sangat mahir dalam merancang dan membuat komputer yaitu Steve Wozniak. Cobalah untuk mencari seseorang yang dapat kamu percaya dan kembangkan usahamu bersama temanmu itu. Teman usaha tidak perlu orang lain, bisa jadi saudara atau istri/suamimu sendiri, yang penting saling mendukung.

8. Memiliki networking yang baik

Networking atau jaringan kenalan sangat dibutuhkan jika ingin menjadi seorang yang sukses. Baik kalau kamu masih seorang karyawan networking dapat membantumu meningkat dalam karir. Seorang pengusaha mengandalkan networking-nya untuk mengembangkan usaha. Bagi kamu yang ingin memperluas networking perbanyaklah mengikuti acara-acara di luar tempat kerja dan carilah kenalan bisnis sebanyak mungkin. Jangan lupa juga untuk bersilahturahmi ke teman lamamu siapa tahu mereka ada yang bisa menjadi rekan bisnis potensialmu kelak.

9. Selalu bersiap menghadapi situasi keuangan yang terburuk

Siapapun kita seharusnya selalu mempersiapkan dana darurat yang dapat digunakan dalam kebutuhan mendesak seperti saat sakit keras, atau kehilangan pekerjaan. Kalau mau menjadi orang yang sukses dalam mengelola keuangan pastikan kamu memiliki dana darurat minimal sebesar 3 kali kebutuhan pokok hidupmu. Bahkan lebih baik lagi kalau kamu bisa menyiapkan dana hingga 12 bulan sehingga jika terjadi musibah keluargamu bisa hidup selama 12 bulan dan kembali menata keuangan keluarga.

10. Meng-otomatiskan investasi mereka

Dalam buku “Money – Master the Game”, Anthony Robbins, salah satu motivator terbaik dunia, menganjurkan kita untuk mengotomatiskan investasi kita. Salah satu investasi yang dianjurkan untuk diotomatiskan adalah pada tabungan dana pensiun. Satu tips lagi dari Uhemat adalah cobalah membuka tabungan pada bank yang memiliki internet banking seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, atau bank-bank besar lainnya. Dengan layanan internet banking ini kamu dapat dengan mudah membuka deposito secara online tanpa harus datang ke kantor bank. Luar biasa bukan? dengan kemudahan seperti ini tidak ada alasan untuk kamu malas berinvestasi!

11. Hanya berinvestasi terhadap yang mereka mengerti

Kembali lagi kepada Warren Buffett, investor terkenal dan salah satu orang terkaya dunia, salah tau nasihat investasi yang diberikannya adalah investasikanlah uangmu pada apa yang kamu mengerti. Hal ini adalah nasihat investasi yang sangat baik karena dengan mengerti dan mengenal instrumen investasimu, kamu juga paham apa resikonya dan bagaimana mengatasi resikonya. Dengan begitu hasil investasimu akan semakin maksimal dan itu artinya semakin berlimpahlah kekayaanmu.

12. Selalu menginvestasikan kembali uang/keuntungan yang diperoleh dari investasi

Apa yang kamu lakukan jika kamu memperoleh uang 500 juta? Sebagian orang pasti ingin membeli rumah, atau mungkin ada yang ingin pergi ke luar negeri, atau bahkan ingin membeli mobil baru yang paling keren. Setelah membeli itu semua kamu harus kembali kerja keras untuk mengumpulkan uang. Hal itu berbeda dengan orang-orang kaya dan sukses. Kalau kamu mau cepat tambah kaya kamu harus menginvestasikan kembali uang yang kamu peroleh. Sebagian bisa kamu gunakan untuk keperluanmu, sebagian besar investasikanlah kembali ke dalam bisnismu atau instrumen-instrumen investasi pilihanmu. Dengan begini bisnis dan investasimu semakin berkembang dan kamu semakin dekat dengan kebebasan finansial impianmu.

13. Selalu mencatat pengeluaran

Jika ada yang bertanya “berapakah pengeluaranmu bulan kemarin?”, “Pengeluaran apa yang paling besar?”, “Pada tanggal sekian pengeluaranmu apa saja?” Apakah kamu bisa menjawabnya? Kalau kamu bisa, maka selamat! Ini adalah salah satu kebiasaan baik dan bisa membantu kamu mengevaluasi dan memantau kondisi keuanganmu setiap bulannya. Di dalam berbagai buku perencanaan keuangan yang Mr. Rafael baca semuanya menganjurkan untuk mencatat pengeluaran keuangan setiap harinya. Dengan begitu kamu bisa tahu di mana pengeluaranmu “bocor” dan dapat dengan segera “menambalnya”.

14. Berpikiran terbuka

Orang-orang sukses dan kaya tidak takut untuk mencoba hal-hal baru untuk meningkatkan penghasilannya. Jika terdapat sebuah perubahan di dalam lingkungannya seperti peraturan atau teknologi, orang-orang yang berpikiran terbuka ini segera mencoba untuk memasukkan teknologi baru tersebut untuk meningkatkan bisnisnya. Contoh nyata dapat kita lihat akhir-akhir ini marak muncul banyak sekali ojek, taksi, dan jasa-jasa online yang sangat membantu kehidupan orang lain. Makanya untuk menjadi berhasil kamu perlu mempunyai pikiran terbuka terhadap hal-hal baru untuk melihat peluang.

15. Berkorban dan bekerja keras saat ini untuk kepentingan masa depan

Banyak orang sukses yang dulunya mempunyai kehidupan yang sulit dan keras. Mereka selalu menunda kesenangan saat ini untuk kepentingan di masa yang akan datang. Jika saat ini kamu seorang mahasiswa dan teman-temanmu lebih suka nongkrong dan jalan-jalan, kamu malah memilih untuk menjalankan usaha/bisnis dagang onlinemu. Jangan berkecil hati, teruslah bersemangat karena itulah yang dilakukan orang-orang sukses untuk menjadi kaya!

16. Orang kaya tidak berutang untuk tujuan konsumtif

Terkadang utang tidak terelakkan jika kita sudah tidak punya lagi uang kalau sudah begitu kamu harus kembali memutar otak untuk mengurangi pengeluaranmu atau memperbesar penghasilanmu. Tapi jangan sampai kamu berutang untuk keperluan konsumtif dan belanja yang tidak perlu seperti liburan, motor-motor gede, gadget terbaru, dan lain sebagainya. Orang sukses dan kaya mempunyai prinsip berutang untuk meningkatkan penghasilan mereka. Bagaimana bisa? Misalnya mereka membeli mobil baru dengan kredit, tetapi mobil tersebut dibeli untuk disewakan kembali untuk usaha travel. Dengan usaha travel tersebut dia dapat membayar cicilan mobil serta mendapat keuntungan. Jika ingin mengambil utang atau pinjaman selalu pastikan itu adalah utang produktif ya!

17. Selalu menambah pengetahuan mereka

Dua orang terkaya dunia Bill Gates dan Warren Buffett terkenal dengan kebiasaan membaca mereka. Konon katanya, Bill Gates selalu habis membaca satu buah buku dalam satu minggu, sehingga dalam setahun ada 52 buku yang ia selesaikan! Bagaimana dengan kamu? Ya, meskipun tidak harus sebanyak itu buku yang kamu baca, pastikan kamu selalu berusaha untuk menambah pengetahuan dan wawasan kamu. Bisa juga kamu mengambil kursus untuk menambah wawasan seperti kursus memasak, kursus menjahit, atau kursus perpajakan. Siapa tahu itu semua bisa kamu jadikan bisnis dikemudian hari. Pastikan kamu menginvestasikan uangmu ke dalam dirimu dengan menambah pengetahuan.

18. Pantang menyerah

Kegigihan orang-orang sukses dan kaya tidak dapat diragukan lagi. Mereka tidak putus asa menghadapi penolakan dan tidak menyerah ketika usahanya belum berhasil. Apakah kamu kenal dengan game “Angry Bird” oleh perusahaan asal Finlandia “Rovio”? Rovio telah membuat 51 game sebelum akhirnya membuat game Angry Bird yang sangat sukses! Itu adalah perjuangan yang luar biasa. Apa yang terjadi jika baru 1 atau 2 kali gagal sudah menyerah? Pasti kesuksesan itu tidak akan datang. Ayo berjuang dan pantang menyerah sahabat Uhemat!

19. Fokus dan sungguh-sungguh

Selalu fokus dalam melakukan sesuatu dan jangan setengah-setengah itu adalah kunci keberhasilan. Pikiranmu harus seperti laser yang fokus sehingga dapat memotong apapun. Misalnya jika kamu ingin mempelajari 5 hal baru tetapi kamu melakukan kelima-limanya secara bersamaan. Pendekatan itu kurang efektif karena kamu tidak akan menjadi ahli dengan cara begitu. Alangkah baiknya kamu fokus pada satu hal yang paling kamu sukai dan menjadi yang terbaik di bidang itu.

20. Berbagi kebahagian dengan orang lain

Banyak sekali orang-orang super kaya memiliki yayasan yang dibuat untuk membantu orang lain. Bill Gates contohnya dengan Bill and Melinda Foundation mengajak orang-orang kaya untuk menyumbangkan harta mereka untuk membantu orang lain. Hingga saat ini telah terkumpul dana sebesar $36 miliar dollar atau setara dengan 482 triliun rupiah. Dan banyak orang seperti Warren Buffett dan Mark Zuckerberg serta orang-orang kaya dari segala penjuru dunia terinspirasi melakukan hal serupa. Mereka ingin membantu orang lain dan berbagi dengan orang lain. Kita tidak perlu menunggu sampai kaya untuk memberi sumbangan dan berbagi. Berikanlah dengan ikhlas pasti hatimu akan mendapat kedamaian dan kepuasan tersendiri. 🙂

21. Bersyukur terhadap apa yang mereka miliki

Tidak hanya orang sukses dan kaya, tetapi kita semua  harus selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki, dengan begitu kita akan memperoleh ketenangan batin dan kebahagiaan yang tidak terkira. Bersyukur adalah salah satu kunci untuk memperoleh kepuasan dalam hidup. Jika kamu tidak pernah bersyukur maka hidupmu akan selalu terasa berat dan tidak tenang.

 

Selamat kamu sudah membaca semua rahasia-rahasia para milyader ini. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mempelajarinya dan mempraktikkannya. Mr. Rafael tahu semua rahasia ini tidak mudah. Tapi kalau kita selalu berusaha pasti kita juga akan berhasil memperoleh kebebasan finansial yang kita idam-idamkan. Mudah-mudahan kita juga bisa jadi milyader-milyader berkualitas dan bahagia dikemudian hari. Semangat terus ya sahabat Uhemat. 🙂


Author Image

About Mr. Rafael Uhemat

Mr. Rafael adalah seorang yang hampir memasuki usia kepala 3 dan dia sadar hingga saat ini dia tidak mengetahui apapun tentang pengelolaan keuangan pribadi. Oleh karena itu dia belajar dengan membaca banyak buku tentang personal finance dan mempraktekkan semua materi di dalamnya. Dia percaya cara yang terbaik untuk belajar adalah dengan banyak praktek dan berbagi dengan orang lain. Harapan terbesarnya adalah dapat mencapai kebebasan finansial bersama Mrs. Rafael dan membantu orang lain untuk mengembangkan pengetahuan personal finance mereka.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “21 Rahasia Para Milyader yang Bisa Kamu Pelajari Agar Tambah Kaya dan Bahagia