Macam-Macam Peluang Bisnis untuk Mahasiswa


Ide peluang bisnis mahasiswa

Ide peluang bisnis mahasiswa – creadit https://www.flickr.com/photos/opensourceway/

Hi! Welcome back dengan ms Joana! Mahasiswi sederhana yang luar biasa tertarik dengan hal-hal berbau entrepreneur! he he he. Maafkan bila saya jarang sekali update dikarenakan kesibukan sebagai mahasiswa, owner bisnis, dan anak mama papa yang baik. 🙂

Kalau belum tahu Miss Joana, ini artikel yang sudah saya tulis sebelumnya tentang tips hidup hemat untuk mahasiswa.

Kamu Mahasiswa? Kamu Juga Harus Bisa Cerdik Mengatur Keuangan Lho!

Senang sekali rasanya bisa berbagi pengalaman dan hal-hal baru dengan kawula muda sekalian. Bagaimana kabar kalian? Sudah berbisnis belum hari ini? Atau masih bingung mau menggeluti bidang bisnis apa? Tenang…. Dalam kesempatan kali ini, ms. Joana akan membeberkan peluang-peluang bisnis untuk mahasiswa yang saat ini sangat prospek dan hanya dibutuhkan modal kecil bahkan cuma otak tok cer kalian. Hahahaha. Untuk lebih mudahnya, pilih bisnis sesuai hobi kalian. Asal kamu tahu, hobi apapun bisa dijadikan bisnis, lho! Semuanya tergantung pada keuletan, kesabaran dan niat kita untuk melakukannya. Hmm, mau tahu bisnis apa saja yang ms. Joana bilang prospect? Check it out!

1. Guru Les Anak-Anak

Mengajar adalah pekerjaan mulia bagi siapapun, namun bukan berarti mengajar bisa dilakukan oleh siapapun. Selain ilmu dan pengalaman, dalam mengajar juga diperlukan soul dan passion yang tinggi. Nah! Menjadi guru les adalah bidang yang cocok bagi kamu yang suka mengajar. Bidang ini sangat memerlukan ketulusan dan kesabaran hati yang extra. Courage anak didikmu agar semangat belajar, susun sistem pengajaran menjadi menarik agar mereka antusias, jangan lupa beri award jika mereka berhasil menjawab pertanyaan dari mu. Anak didik senang, orang tua pun senang dan kamu akan dipercaya untuk mengajar lebih banyak anak lagi, yeah!

Saya tahu dulu Mr. Rafael, tahun 2007, saat masih jadi mahasiswa juga memiliki sampingan sebagai seorang guru les matematika dan fisika. Dan dengan menjadi guru les dia berhasil membiayai uang saku dan biaya kuliahnya satu semester. Jadi memang usaha bimbingan belajar masih tetap berjaya hingga saat ini.

2. Menjual Makanan dan Minuman

Bisnis ini sangat cocok buat kamu-kamu yang hobi masak. Ga bisa masak? Eits, jangan sedih, kamu masih punya opsi lain yakni menjual kembali buatan orang lain. Entah itu buatan mama, papa, tetangga, bahkan membeli di pasar dengan harga yang lebih murah. Opsi manapun tidak menjadi masalah. Mau membuka stand ataupun dijual made by order juga tidak masalah. Agar lebih laris usahakan gencar melakukan promosi, baik itu berupa tester, memberi stiker, promo lewat sosmed, bahkan menyebar kartu nama. Untuk ukuran mahasiswa biasanya akan lebih menyukai makanan yang sifatnya mengenyangkan, murah, dan banyak! Hahahaha.

3. Jasa Make-Up

Bidang yang satu ini cocok banget buat ciwi-ciwi yang suka dandan. Daripada menghabiskan uang untuk membeli kosmetik dan mempercantik diri sendiri, alangkah lebih baiknya bila kosmetik yang ada dijadikan sebagai modal untuk menambah uang saku! Lumayan, hasilnya bisa dibelikan kosmetik terbaru lagi, khan. Kamu dapat menawarkan jasa make-up untuk wisuda kepada kakak atau adik kelas yang kamu kenal. Pajang hasil make-up di sosmed kamu supaya banyak orang yang tertarik menggunakan jasamu. Biar lebih beken, kamu juga dapat membuat tutorial make-up dan pajang di akun youtube-mu. Jika tekun, maka kamu tidak hanya mendapat banyak pelanggan, namun juga bisa jadi terkenal seantero dunia sebagai queen of make-up! Hehehehe, selamat mencoba girls 🙂

4. Garage Sale

Punya banyak baju yang kekecilan? Atau sepatu yang ga muat? Ditambah tas yang udak gak kepakai lagi? Wah kayaknya kamu cocok banget buat bisnis garage sale alias jualan barang second-hand. Selain menambah pemasukan uang jajan, cara ini juga ampuh untuk membereskan rumah dari barang-barang tak terpakai lagi. Pepatah juga mengatakan “one man’s trash is another man’s treasure.” Sudah saatnya barang-barang kesayanganmu dulu menjadi kembali berguna di tangan owner lain.

5. Jasa Desain dan Dekorasi Pesta

Bisnis ini cocok sekali buat para kawula muda yang menyukai kesenian dan keindahan. Sudah banyak sekali vendor-vendor yang menyediakan properti hiasan ulang tahun dengan pilihan beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Aksesorinya bermacam-macam, antara lain undangan, balon, bunting flag, dan masih banyak lagi. Kuncinya, kamu harus memiliki channel kulakan yang super murah ya, guys (Biasanya grosir). Selain itu kamu juga kudu jeli membaca keinginan customer dan menyesuaikannya dengan budget yang mereka miliki. Untuk memulai bisnis ini pastinya kamu harus memiliki katalog agar customer lebih mudah memilih tema yang diinginkan. Ms Joana sarankan, mulailah promosi dengan menawarkan jasa dekor lewat saudara yang berulang tahun tanpa dipungut biaya.

Bagaimana para mahasiswa dan kawula muda? Sudah kepikiran mau bisnis apa? Yang penting ingat kata-kata Ms Joana satu ini ya “Buatlah passion-mu selalu menyala-nyala tanpa henti.” Niscaya, sebesar apapun tantangannya, sesulit apapun masalah yang kamu hadapi, bisnis yang telah kamu mulai akan tetap berjalan bahkan berkembang, bertumbuh dan meluas!

Kamu juga bisa pelajari bagaimana cara orang kaya dan sukses mengelola uang dan pikiran mereka di tulisan Mr. Rafael sebelumnya:

21 Rahasia Para Milyader yang Bisa Kamu Pelajari Agar Tambah Kaya dan Bahagia


Author Image

About Miss Joana Uhemat

Miss Joana adalah seorang mahasiswa dan masih belajar dan bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Meskipun masih muda ia telah mencoba berbagai jenis usaha sejak duduk dibangku sekolah hingga saat ini. Kini passion itu terus tumbuh dan ia ingin berbagi dan menuangkannya di dalam bentuk tulisan. Temukan tips-tips ringan dunia usaha di dalam setiap tulisannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *