Berapakah Gaji Kamu Sebenarnya? Coba Hitung Dengan Cara Ini!


Kenaikan gaji, bagaimana mengatur tabungan dan pengeluaran?

Kenaikan gaji, bagaimana mengatur tabungan dan pengeluaran? – credit https://www.flickr.com/photos/jabberwocky381/

Berapakah gajimu sekarang? 5 juta, 10 juta, atau mungkin lebih dari 20 juta?! Selamat kalau gajimu sudah besar. Kalau menurut Mr. Rafael besarnya gaji itu bukan dari apa yang kita terima setiap bulannya dari tempat kita kerja, tetapi berapa banyak yang dapat kita tabung. Misal tahun lalu kamu dengan gaji 5 juta bisa menabung 2 juta, dan tahun berikutnya gaji kamu naik jadi 8 juta tetapi kamu juga hanya menabung 2 juta tiap bulannya. Kalau kejadiannya seperti itu, menurut Mr. Rafael gaji kamu sebenarnya tidak ada kenaikan sama sekali. 🙂

Begini jika kita ingin melakukan analisanya. Dari sisi penghasilan kamu sudah meningkat 60% akan tetapi jumlah yang ditabung tidak berubah malah pengeluaran yang meningkat tajam 100% (dari 3 juta menjadi 6 juta perbulan)!  Inilah yang akan saya sebut dengan inflasi penghasilan. Inflasi penghasilan adalah meningkatnya pengeluaran karena adanya penambahan penghasilan.

Menurut saya inflasi penghasilan adalah hal yang wajar, dengan adanya pemasukan yang lebih besar kita dapat menggunakan uang tambahan tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Akan tetapi yang menjadikannya tidak wajar adalah besarnya peningkatan persentase pengeluaran tersebut.

Bagaimana cara mengatasi masalah inflasi penghasilan tersebut? Sebenarnya cukup sederhana sekali selalu tetapkan tabungan kamu dalam bentuk persentase jangan dalam bentuk nominal rupiah. Berikut adalah simulasinya:

Penghasilan awal

Penghasilan: 8 juta

Persentase tabungan 30% = 8 juta x 30% = 2.4 juta

Persentase Pengeluaran 70% = 8 juta x 70% = 5.6 juta

Penghasilan setelah naik

Penghasilan: 10 juta

Persentase tabungan 30% = 10 juta x 30% = 3 juta

Persentase pengeluaran 70% = 10 juta x 70% = 7 juta

Setelah menerapkan cara mengatur tabungan dan pengeluaran di atas pastikan kamu selalu menabung diawal bulan atau saat menerima gaji pertama kali dengan mentransfer uangmu ke rekening tabungan. Dengan demikian kamu tidak perlu bingung lagi berapa yang harus kamu tabung dan keluarkan. Tabunganmu akan selalu otomatis bertambah jumlahnya. Dan tidak akan terbuai untuk menghabiskan uang lebih banyak lagi.

Jadi sudah tau berapa gajimu sebenarnya sekarang? Jangan lupa tulis komentar di bawah 🙂

Baca juga artikel lainnya biar kamu bisa tambah sukses.

21 Rahasia Para Milyader yang Bisa Kamu Pelajari Agar Tambah Kaya dan Bahagia


Author Image

About Mr. Rafael Uhemat

Mr. Rafael adalah seorang yang hampir memasuki usia kepala 3 dan dia sadar hingga saat ini dia tidak mengetahui apapun tentang pengelolaan keuangan pribadi. Oleh karena itu dia belajar dengan membaca banyak buku tentang personal finance dan mempraktekkan semua materi di dalamnya. Dia percaya cara yang terbaik untuk belajar adalah dengan banyak praktek dan berbagi dengan orang lain. Harapan terbesarnya adalah dapat mencapai kebebasan finansial bersama Mrs. Rafael dan membantu orang lain untuk mengembangkan pengetahuan personal finance mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *